Header

Header

Running Text

PUSAT PERBAIKAN & PEMELIHARAAN ENGINE PESAWAT TEMPUR TNI ANGKATAN UDARA
Breaking News:
Loading...

Sathar 83 Depohar 80 : Kegiatan Pemeliharaan APU GTS dan Fabrikasi

 

Sathar 83 dalam melaksanakan tugasnya yaitu melaksanakan pemeliharaan tingkat berat komponen Engine pesawat tempur antara lain pemeliharaan terjadwal 500 kali Starts APU GTS Pesawat Hawk 100/200 dan juga melaksanakan pemeliharaan tidak terjadwal.

A.        Untuk proses pemeliharaan terjadwal 500 kali Starts adalah sebagai berikut:

1.         Komponen APU/GTS. Dari GPD masuk ke Sathar 83 dilaksanakan Prelimenery Test Run untuk mengetahui Performen maupun permasalahan yang ada pada APU/GTS tersebut.

2.         Dilanjutkan dengan pembongkaran APU/GTS untuk pengecekan komponen komponen yang rusak/tidak berfungsi dengan baik dan perlu diganti melalui proses pengecekan dengan menggunakan Hydroulic Tester.

3.         Setelah semua komponen yang di cek diketahui tidak sesuai dengan TO dilaksanakan penggantian.

4.         Setelah proses pengecekan selesai,kemudian dilaksanakan penggantian komponen yang dinyatakan rusak.

5.         Dilanjutkan dengan Assambling (Perakitan kembali komponen komponen APU/GTS)

6.         Dilanjutkan dengan Final Check dengan cara Ground Run Test sampai APU/GTS tersebut dinyatakan baik/ Serviceable.

7.         Setelah dinyatakan Baik dilaksanakn proses Administrasi dokumen untuk dikirim kembali ke GPD (Siap dikirim ke satuan pengguna).

 B.        Pemeliharaan tidak terjadwal.

            Pada prinsipnya secara garis besar proses penanganannya sama dengan pemeliharaan terjadwal yang membedakan hanya waktu pelaksanaannya sesuai dengan permasalahan yang ada.

C.        Tugas Sathar 83 yang lain adalah melaksanakan pekerjaan Fabrikasi sesuai dengan pesanan pekerjaan  bantuan dari satuan lain dibawah Jajaran Depohar 80. Pekerjaan Fabrikasi tersebut yang dilaksanakan adalah sebagai berikut:

1.         Pembuatan Palet Engine Out Door MK 871

2.         Pembuatan Box Mojul 7,8 dan 9 Engine MK 871

3.         Pembuatan Box APU/GTS Pesawat Hawk 100/200

4.         Pembuatan Box Flame Holder Engine F100 pesawat F16.

5.         Pengelasan Flame Holder Engine F100 menggunakan las dengan gas Argon.

6.         Melaksanakan pekerjaan pengelasan maupun bengkel kayu sesuai dengan pesanan dari jajaran Depohar 80.

 

Inovasi yang lain adalah pembuatan Hand Washing, prosesnya dengan membuat Sketsa rancangan sesuai dengan ukuran permintaan kemudian menyiapkan bahan dan proses pengerjaan sampai dengan selesai.

 

 -ooOoo-

Posting Komentar

0 Komentar